Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula

7 Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula - Berhubung saya masih baru di dunia blogging, sambil cari Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula buat saya sendiri, sekalian saya share disini juga. Sebagai sesama blogger pemula, mungkin ada baiknya saya berbagi sedikit tips ngeblog buat sobat yang baru belajar ngeblog.

Nah, buat para blogger senior, mohon menambahkan/mengkoreksi tips saya ini. Berikut beberapa Tips Ngeblog Untuk Pemula dari Blogger Pemula:

Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula

1. Mulai dengan Membaca

Ada yang mengatakan, sebelum belajar menulis maka belajarlah membaca. Dunia blog adalah dunia menulis (baca:mengetik). Sebelum sobat mulai menulis di blog, ada baiknya sobat melihat dulu beberapa blog lain atau blog teman. Mungkin bisa dijadikan inspirasi untuk tulisan sobat nanti, mungkin dari segi gaya menulis, design blog dan berbagai hal lainnya. Dari sana biasanya sobat akan mendapat banyak ide untuk blog sobat nantinya.

2. Memilih Mesin Blog

Dari langkah diatas, sobat juga bisa mengetahui mesin blog apa yang sebaiknya sobat gunakan. Bisa aja wordpress, blogspot dan berbagai blog engine lainnya yang tersebar di internet. Kalo sobat bertanya sama saya, sementara ini saya masih memakai Blogspot, hehehe.

3. Mulai Posting

Setelah sobat membuat blog, maka mulailah menulis di blog. sobat mungkin bingung mau menulis apa untuk pertama kalinya, banyak blogger pemula mengalami kebingungan yang sama dengan sobat dan saya. Ide tulisan mungkin bisa dimulai dari tentang diri sobat sendiri, mengapa sobat membuat blog, siapa yang memperkenalkan blog ke sobat. Atau bisa juga tentang hal-hal yang sobat sukai, misalnya suka musik, maka tulislah tentang musik. Dll.

4. Memilih Bahasa

Bahasa mungkin suatu hal sepele namun sangatlah penting untuk ditentukan. Saya sarankan menggunakan bahasa nasional (misal bahasa Indonesia) atau bahkan kalo bisa bahasa inggris buat sobat yang mampu. Bukan bermaksud bagaimana, namun bahasa daerah sangat tidak disarankan karena hal itu akan mempersempit jangkauan pembaca blog sobat, yaitu hanya untuk orang yang mengerti bahasa tersebut. Intinya, semakin banyak yang mengerti bahasa di blog sobat, maka itu semakin bagus, begitu juga sebaliknya.

5. Tata Bahasa

Misalnya sobat menggunakan bahasa Indonesia, maka sangat saya sarankan menggunakan tata bahasa yang baik. Jangan menulis di blog seperti menulis SMS yang biasanya dipenuhi singkatan yang hanya dimengerti oleh orang-orang tertentu. Tulislah kata-kata yang dimengerti oleh banyak orang (pembaca). Selain itu, menurut sedikit pengalaman saya penulisan kata yang benar juga berpengaruh pada SEO. Apa itu SEO? Jangan tanya saya, hehehe.

6. Tentukan Tujuan Ngeblog

Sangat jarang blogger yang bisa menentukan tujuan ngeblognya ketika dia baru mulai belajar ngeblog. Kebanyakan blogger pemula bertujuan untuk sekedar having fun, sekedar ingin tau atau cuma ikut-ikutan teman buat ngeblog, contohnya saya ini, hahahaha. Tapi gak sedikit blogger tersebut menjadi semakin lama semakin mengerti tujuan dia ngeblog. Misalnya untuk earning berupa uang, hanya untuk catatan pribadi, dan masih banyak tujuan lainnya.

7. Mulai Sedikit Belajar SEO

Semakin lama gak ada salahnya kita belajar SEO. Nah kembali saya menyebut kata ini. Intinya bagaimana kita mengoptimalkan blog kita agar semakin terkenal. Siapa tau suatu saat sobat bisa menjadi salah seorang blog seleb, itupun kalo sobat memang bertujuan menjadi blog seleb, hehehe.

Itulah 7 Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula yang bisa sobat lakukan khusus yang baru belajar ngeblog seperti saya. Selamat mencoba, buat para master blog, mohon pencerahannya.