Tips Mencuci Rambut yang Baik dan Benar

Tips Mencuci Rambut yang Benar | Cara Keramas yang Baik dan Sehat: Mencuci rambut atau Keramas biasanya kita lakukan tiap hari, kegiatan untuk membersihkan rambut yg seharian terkena sinar matahari ataupun debu. Hampir tiap hari kita mencuci rambut dengan mudah, tapi apakah cara mencuci rambut kita sudah benar dan menjadikan rambut lebih sehat?

Walaupun melakukan keramas atau mencuci rambut itu mudah, dengan shampo yg kita suka juga, tapi penting kita ketahui juga bagaimana cara cuci rambut yg benar dan bisa membuat rambut lebih sehat. Berikut langkah-langkah keramas yg benar:

Tips Mencuci Rambut yang Benar

* Menyisir Rambut
Usahakan untuk selalu menyisir rambut sebelum keramas agar rambut gak dalam keadaan kusut saat dicuci. Rambut yg basah lebih rapuh daripada saat kering. Karena itu rambut yg kusut bisa berpotensi patah dan rontok saat dicuci.

* Bilas dengan Air
Bilas rambut Kamu terlebih dahulu dengan air tanpa shampo. Hal ini bertujuan untuk membilas debu, kotoran dan minyak berlebih yg menempel di rambut sehingga saat selesai keramas, rambut Kamu bisa lebih bersih tuntas.

* Tuangkan Shampo di Tangan
Saat akan menggunakan shampo, letakkan shampo di telapak tangan sesuai kebutuhan. Jangan biasakan untuk mengaplikasikan shampo langsung ke rambut. Cara tersebut bisa membuat Kamu terlalu banyak menggunakan shampo dan berisiko meninggalkan banyak sisanya di kepala.
Gunakan tangan untuk mengaplikasikan sampo di kepala secara merata.

* Memijit Kulit Kepala
Keramas bukan hanya mencuci rambut dengan shampo semata. Pastikan Kamu juga memijat kulit kepala secara perlahan. Selain membersihkan kulit kepala dengan tuntas, hal ini juga berguna untuk melancarkan peredaran darah di kepala sehingga pertumbuhan rambut menjadi maksimal.

* Cukup Sekali Memakai Shampo
Gak perlu mengulangi pemakaian shampo. Pemakaian shampo secara berlebihan hanya akan mengurangi kelembapan alami rambut Kamu.

* Gunakan Shampo Secukupnya
Mengaplikasikan shampo idealnya hanya di kulit kepala aja, gak perlu mengoleskannya ke seluruh permukaan rambut. Saat Kamu membasuhnya, shampo tersebut dengan sendirinya akan menyebar ke seluruh bagian rambut.

* Memakai Pelembab di Rambut
Kebalikan dari memakai shampo, kalo Kamu ingin memakai pelembap (conditioner) jangan memakainya di kulit kepala. Pakailah pelembap di ujung rambut aja. Memakai pelembap di kulit kepala hanya akan membuat rambut Kamu terlihat berminyak dan timbulnya ketombe.

* Berdihkan Rambut
Bilas rambut dengan seksama, pastikan jangan ada bekas sabun dan pelembab yg tersisa. Sisa shampo atau pelembap di rambut bisa menyebabkan iritasi, gatal, serta memicu timbulnya ketombe.

* Mengeringkan Rambut
Usai keramas jangan mengeringkan rambut dengan menggosokan rambut dengan handuk. Cukup lapisi kepala Kamu dengan rambut, tepuk-tepuk secara perlahan agar airnya terserap ke handuk. Menggosok rambut yg rapuh saat basah hanya akan menyebabkan kerontokan, rambut patah, serta merusak lapisan rambut yg bisa membuat rambut lebih kusam.

Mungkin terlihat simple dan mudah saat kita keramas, tapi hal-hal diatas perlu kita ketahui, agar rambut gak gampang rusak. Semoga Tips Mencuci Rambut yang Baik dan Benar diatas bisa bermanfaat. Disalin Dunia Remaja sumber dari Yahoo.com