Tips Mengatasi Smartphone Kecemplung Air (Basah)

Tips Mengatasi Smartphone Kecemplung Air (Basah) - Siapa sih yang mau gadget nya, misalnya iPhone, iPad, Android, Windows Phone atau smartphone nyemplung ke air, apalagi kalo harganya jutaan rupiah dan berisi data penting, pasti GAK mau dong. Tapi kalo secara gak sengaja terkena air atau nyemplung ke air gimana?

Kalo misalnya ponsel smartphone kesayangan Kamu terkena tumpahan air atau nyemplung ke air, pastinya bikin panik dan bingung mesti gimana, takut ponsel rusak dan semua data-nya hilang.

Tips Mengatasi Smartphone Kecemplung Air (Basah)

Tapi jangan khawatir, karna masih ada harapan untuk menyelamatkan smartphone Kamu. Berikut beberapa cara menyelamatkan ponsel Kamu yang terkena Air biar gak mati perlahan dan kemudian mati total, yang bisa kamu lakukan:

1.) Matikan Ponsel

Insting Kamu mungkin meminta Kamu untuk menguji apakah ponsel masih berfungsi atau gak, tapi waktu yang begitu singkat bisa membuat perbedaan apakah ponselnya masih bisa diselamatkan atau gak. Setelah ponselnya jatuh ke tempat berair, segera keluarkan dan matikan Ponsel.

2.) Lepas Casingnya

Copot casingnya, keluarkan SD Card dan SIM Card-nya, semua yang bisa dikeluarkan agar bisa kering dengan sendirinya. Semakin banyak bagian ponselnya yang bisa terpapar udara, maka semakin baik.

3.) Sedot Airnya

Hal ini dilakukan kalo keadaannya sangat parah. Kamu harus menyedot air yang masuk ke dalam ponsel Kamu, kecuali kalo Kamu berada di dekat sebuah vacuum cleaner dengan pipa penghisap yang kecil.
Ambil sebuah mangkuk kosong dan letakkan di samping Kamu. Kalo yang basah adalah iPhone, Kamu harus fokus pada port earphone, earpiece, port microphone, dan area charger. Setiap kali Kamu menyedot airnya, muntahkan ke dalam mangkuk tersebut biar gak menelan zat kimia mekanik yang berbahaya.

4.) Rendam Dalam Beras dan Diamkan Sebentar

Rendam gadget basah Kamu ke dalam semangkuk beras. Atau atas rekomendasi Gizmodo’s Brent Rose, semangkuk Rice Krispies. Atau mungkin ke dalam sebungkus kacang. Menggunakan alat pengerin atau zat kimia untuk mengeringkannya gak akan berhasil. Jadi jangan gunakan pengering rambut dan diamkan ponsel Kamu di dalam beras selama 48 jam. Balikkan sesekali.

5.) Periksa Kekeringan Ponsel

Angkat gadget Kamu dari mangkuk pengering dan periksa bodinya. Kalo Kamu melihat ada embun, keringkan dengan handuk. Gunakan pipe cleaner yang dibengkokkan untuk menyikat ujung port gadget Kamu dan membantu menyingkirkan kelembapan yang masih tersisa. Kalo masih terlihat basah, simpan kembali ke dalam mangkuknya dan tunggu sehari lagi.

6.) Nyalakan Ponsel

Setelah benar-benar kering, nyalakan kembali dan lihatlah bagaimana ponselnya berfungsi. Bahkan kalo cuma ada beberapa bagian yang masih berfungsi, Kamu mungkin masih bisa memperbaikinya dengan biaya yang lebih murah dibandingkan membeli ponsel baru.

Nah, itulah hal yang bisa kamu lakukan ketika ponsel atau smartphone kamu terkena air atau bahkan sampe basah. Sedikit Tips Mengatasi Smartphone Terkena Air (Basah) diatas semoga bermanfaat. Disalin BolayNet dari sumber yahoo.com.